Kaidah atau Peraturan Posting


Kaidah atau peraturan dalam posting sebenarnya tidak ada, maskud dalam post saya kali ini adalah ‘bagaimana menulis posting yang baik dan benar’. Mungkin pembaca agak bingung dan bertanya, Apasih maksudnya Irfan nulis ginian? Kita kan ya gak goblok-goblok banget. Saya hanya ingin berbagi dan menyampaikan analisa saya megenai penulisan posting di blog.

Besar sekali efek yang didapat dari memperhatikan tulisan kita di blog atau site. Yaitu
kenyamanan visitor. Jangan anggap remeh kenyamanan yang di dapat oleh seorang visitor. Dengan kemampun kita mengolah kata, seorang visitor bisa benar-benar kecanduan dengan web kita.

Kita ambil contoh teman saya, dia mempunya sebuah blog yang sangat istemewa dengan tema Sepak Bola. Apabila dia dapat mengolah postnya dengan baik, pasti teman-teman sekitarnya akan selalu senang apabila membuka blognya. Ya, tulisan yang prefesional memang lebih enak di pandang mata sehingga visitor jenak berlama-lama di blog kita. Dan semakin sering di akses, blog kita semakin popular dan bukan tidak mungkin bahwa kita bisa nangkring di puncak mbah Google dkk.

Sebenarnya hampir sama dalam penulisan artikel pada umumnya. Namun, dunia maya memang istimewa. Langsung saja ini dia Kaidah atau peraturan yang mungkin perlu diperhatikan dalam membuat posting yang baik dan benar :


Seperti yang sudah saya tuliskan dalam artikel saya sebelumnya. Apabila kita melakukan kegiatan CTRL C + CTRL V ini, kita wajib memasang sumber artikel terkait.

2. Gambar 
Posting yang baik tentunya harus disertai gambar yang terkait dengan tulisan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan reader unutk memahami isi dari tulisan yang dibaca. Dan dalam penempatanya pun tidak bisa asal-asalan. Pembaca dapat melihat tulisan web atau blog prefesional sebagai contoh.

3. Font 
Kita harus mengatur font tulisan kita. Ini lah hal yang paling sulit menurut saya. Disini membutuhkan ketelitian dan kecermatan serta jiwa seni yang cukup besar. Dalam penulisan yang baik, font harus diatur sedemikian rupa. Misalnya Bold, bold sebaiknya digunakan untuk menandai kata-kata yang penting misalnya sub judul dll. Sekali lagi saya sarankan anda untuk mengintip blog prefesional dalam pengaturan font web anda.

4. Bahasa 
Untuk yang kali ini lebih bersifat subjektif. Jadi, penilain tiap orang di jamin berbeda. Pahami konsep blog kalian. Apabila kalian memiliki blog yang bersifat pribadi, maka luapkan saja kata-kata yang kalian pikirkan. Jangan terlalu memikirkan susunan bahasa. Sedangkan blog yang agak formal, jangan terlalu bertela-tele dalam penulisan intinya.


Beberapa point diatas saya simpulkan dari memahami beberapa web prefesional dalam penyajian artikelnya. Apabila pembaca menemui beberapa point yang kurang benar, bisa menulis di kotak komentar yang ada  dibawah unutk berbagi kepada pembaca lainnya.




           Terimakasih,


         Salam Blogger.

Jika Anda ingin berlangganan artikel Via Email,Ketik email Anda di bawah ini:

Artikel Terkait: Kaidah atau Peraturan Posting

Description: Kaidah atau Peraturan Posting Rating: 5.0 Reviewer: Ahmad Irfan ItemReviewed: Kaidah atau Peraturan Posting
Comments
5 Comments

{ 5 komentar... read them below or add one }

elangmahamerukisworo said...

link nya

Prasetyo said...

nice post

Ahmad Irfan said...

Thanks

yuhanto said...

yup, betul sekali, kadang hal di atas sering kita remehkan saat menulis di blog kita...

Ahmad Irfan said...

@yuhanto: Yak,padadadahal itu merupakan salah satu penentu kualitas sebuah tuisan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...