Tentang, Manfaat, dan Cara Moderasi Komentar Pada Blog


Halo gan! Akhir-akhir ini, saya baru sangat terobsesi untuk membahas komentar-komentar pada blog nih. Kalau sebelumnya saya mengulas Cara Memfilter atau Menyensor Komentar Kotor di Blog, kali ini saya akan membahas Tentang, Manfaat, dan Cara Moderasi Komentar Pada Blog. Apasih maksudnya moderasi komentar? Gimanasih caranya? Simak ulasan saya berikut ini gan!

Kali ini, saya akan lebih membahas dari sudut pandang Admin atau BlogOwner. Seperti yang saya singgung sebelumnya komentar pada blog merupakan salah satu komponen pendukung yang termasuk penting. Dari beberapa komentar yang muncul pada artikel yang kita tulis, kita dapat mengukur tingkat antusias dan tingkat kepuasan reader kita. Selain itu, dari komentar pembaca kita juga bisa memperbaiki tulisan-tulisan yang kita hasilkan. Baik dalam segi materi maupun non-materi.
Namun, sering kali kita mendapatkan komentar yang sangat tidak kita sukai. Apabila komentar-komentar tersebut hanya mengandung kata-kata kotor, saya telah membahasnya dengan Cara Memfilter atau Menyensor Komentar Kotor di Blog. Nah, kalau komentarnya tidak kasar namun tidak sesuai dengan yang kita kehendaki taua mungkin bersifat provokasi atau merugikan pihak lain gimana dong gan? Tenang, saya sudah punya cara menghadapinya yaitu dengan cara memoderasi komentar. Moderasi komentar berarti sang Admin di beri akses untuk memilah komentar-komentar yang pantas untuk tampil atau ditanyangkan maupun yang tidak layak untuk di baca oleh pengunjung yang lain. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi admin untuk menghindari komentar-komentar yang tidak diinginkan.
STOP! Jangan langsung tertarik dengan cara ini bro! Semua yang putih pasti ada hitamnya. Begitupula dengan moderasi komentar. Ada sisi yang kurang menguntungkan juga untuk digunakan. Yang pertama dari pengunjung, saya sendiri sering sekali blogwalking dan ingin meninggalkan jejak dengan komentar. Namun sedih gan kalo ternyata blog yang ingin saya komentari memoderasi komentarnya. Hal ini di karenakan niat kita sebagai komentator tertunda. Dan yan kedua dari sudut pandang admin. Blog yang menggunakan sistim moderasi juga memiliki imbas yang tidak baik untuk blog itu sendiri. Apabila sang blogger tidak aktif ataupun tidak menyempatakan diri untuk selalu mengecek blognya, hal ini semakin merugikan. Bisa saja suatu saat ada komentator yang bertanya tentang atikel yang kita tulis, namun kita tidak sempat mebalasnya. Bila blog tidak kita moderasi komentarnya, mungkin saja pertanyaan tersebut di gagas oleh komentator yang lain. Namun kalau kita moderasi? komentar tersebut hanyalah mengambang, tidak di tayangkan. Dan apabila hal ini berlangsung cukup lama, biasanya rasa setia pengunjung akan turun sedikit demi sedikit. EH! Jangan bilang 'alah cuma 1 visitor aja yang hilang'!! 1 visitor sangatlah berpengaruh dalam perkembangan blog gan!
Untuk memoderasi ataupun tidak, itu semua kembali pada agan. Saya hanya menguak sedikit tentang Moderasi Komentar. Saran saya, sesuaikan lah dengan blog anda. Apabila kiranya membutuhkan, silahakan gunakan. Namun bila tidak, untuk apa menggunakan?
Okey, tanpa basa basi lagi, ini dia Cara Moderasi Komentar Pada Blog:


  • Buka blogger.com dan login menggunakan akun anda
  • Klik nama blog yang akan anda gunakan. Hanya berlaku untuk blogger yang memiliki lebih dari 1 blog dalam 1 akun.
  • Masuk ke Setelan - Pos dan Komentar



  • Moderasi Komentar, silahkan pilih Selalu
  • Isi email anda untuk pemberitahuan moderasi.
  • Simpan.
Mudah bukan? Semoga artikel Tentang, Manfaat, dan Cara Moderasi Komentar Pada Blog ini berguna bagi agan! Semangat!
Jika Anda ingin berlangganan artikel Via Email,Ketik email Anda di bawah ini:

Artikel Terkait: Tentang, Manfaat, dan Cara Moderasi Komentar Pada Blog

Description: Tentang, Manfaat, dan Cara Moderasi Komentar Pada Blog Rating: 5.0 Reviewer: Ahmad Irfan ItemReviewed: Tentang, Manfaat, dan Cara Moderasi Komentar Pada Blog
Comments
4 Comments

{ 4 komentar... read them below or add one }

Comic Collection said...

bro, gua punya moderasi komentar tapi pas dibuka ga ada komentarnya di dashboard, itu kenapa ya ?
tolong donk bro, bales ke blog gua ya disini bro ↓
http://suryachandragobel.blogspot.com/2012/12/contact-admin-suryachandragobel.html

download games said...

thx info'y sob
ditunggu kunjungan balik'y
http://duniagame7.blogspot.com/

Unknown said...

iya mas sangat bermanfaat,
namun saya percaya aja kalau nanti ada yg komentar pastilah yang baik2,
bagi2 tips agar blog rame pengunjungnya mas,blog saya baru jdi masih sepi..hew kunjung baliknya ya mas,terima kasih
http://catatansaif.blogspot.com/

Rz Bot said...

sangat bermanfaat, bagi yang sering Online mending kita moderasi untuk komentarnya.. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...